Stadion dan Lapangan di Liga Indonesia

Sikulitbundar – Liga Indonesia dengan suasana sepakbola yang sangat menarik hati banyak kalangan dari yang muda sampai yang tua, yang sekedar mendukung sampai hanya mencari hiburan semata seakan bersatu padu dalam satu tempat yaitu stadion. Banyak klub di liga Indonesia dan di topang dengan stadion yang masih kurang dari harapan, akan tetapi semuanya tak pernah membuat sepakbola Indonesia sepu dari peminat, meskipun kondisi tribun stadion yang masihvdi bilang sederhana.

Stadion dan rumput lapangan yang masih jauh dari kata sempurna merupakan salah satu alasan kenapa strategi-strategi yang sudah dari awal di rencanakan akan tidak terlaksana, permainan dengan gaya umpan umpan panjang mungkin tidak akan terganggu akan tetapi jikalau permainan yang menggunakan strategi umpan umpan pendek akan selalu sulit di lakukan. Faktor lapangan yang mungkin menjadi pendukung strategi akan hancur dengan kondisi lapangan yang tidak rata atau pun terlalu panjang dan pendenk di dalam pemotongannya.

Begitupun terjadi ketika pertandingan persahabatan antara Indonesia dengan negara Island di Gelora Bung Karno, pelatih lawan berkomentar bahwa rumput stadion GBK terlalu tinggi sehingga para pemain Islandia mengaku sulit dalam melakukan umpan-umpan datar. Padahal memang umpan-umpan datar dan kecil adalah dasar dari sebuah sepakbola, melakukan operan kecil juga salah satunya.

Liga Indonesia saat ini pun menilai masih banyak stadion yang mengalami kerusakan, kerusakan yang cepat membuat permainan juga menjadi kacau. Apalagi ketika lapangan di guyur hujan, masih banyak lapangan di liga Indonesia yang akan mengalami banjir di lapangan, hal tersebut terjadi karena sistem drainase yang masih buruk. Sistem drinase yang baik bisa di jamin pasti air hujan dapat meresap legih cepat ke dalam tanah, sehingga tidak ada permainan atau strategi yang bisa di ganggu hanya karena banyaknya air di atas lapangan.

Baca Juga : 

Sepakbola Liga Indonesia

Selain faktor rumput lapangan ada juga faktor lainnya yang membuat pertandingan tidak sempurna. Faktor lainnya adalah lampu stadion yang masih kurang dalam pencahayaan. Meskipun panitia liga Indonesia sebelumnya telah menilai layak dan tidak layaknya lapangan digunakan, akan tetapi masih ada saja lapangan yang di lihat masih kurang pencahayaannya.

Memang untuk membuat lapangan yang baik adalah ketika lapangan dalam kondisi sesuai dengan harapan, dan semuanya membutuhkan proses yang panjang. Finansial yang di anggap masih kurang adalah alasannya, contohnya saja masih banyak atau hanya sedikit klub di liga Indonesia yang masih belum mempunyai stadion.

Stadikn yang di gunakan kebanyakan stadion kepunyaan pemerintah daerah yang di sewa klub Liga Indonesia. Penyewaan yang selalu di lakukan dalam tiap tahunnya juga sebenarnya tidak kecil, cukup besar untuk satu musim liga Indonesia. Stadion yang mewah dan megah merupakan impian semua klub sepakbola, meskipun secara tahao demi tahap semuanya pasti terlaksana dengan kondisi finansial klub yang berangsur membaik juga.

Tidak ada yang tidak mungkin ketika semuanya saling mendukung akan hal yang di impikan, bahkan stadion yang mumpuni sekalipun. Stadion dengan kapasitas besar juga tidak akan berarti tanpa datangnya para suporter yang harusnya memenuhi kursi-kursi tribun stadion. Penyewaan stadion juga akan terbalaskan dengan datangnya para suporter yang datang, dari penjualan tiket adalah salah satu untuk memperbesar pemasukan ke klub, sehingga mempunyai stadion megah pun pasti akan terlaksana ketika semuanya saling mendukun dengan caranya masing-masing dan saling suport.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *