Sepakbola liga Indonesia

Sikulitbundar – Sepakbola Indonesia musim 2018 kini telah usai setelah selama satu tahun ini, perjalanan panjang yang di lalui para klub liga Indonesia menjadikan sepakbola Indonesia mungkin melalui satu tahapan yang mulai menjadikan sepakbola Indonesia sedikit lebih berkembang. Lika liku pertandingan di seluruh pertandingan yang berlangsung akan menjadikan salah satu momen para suporter yang tersalurkan.

Meskipun di tahun 2018 banyak sekali kejadian-kejadian yang terjadi di luar prediksi kancah persepakbolaan Indonesia. Kejadian-kejadian yang sebenarnya akan menjadikan kita salah satu pembelajaran yang harus di terapkan di musim selanjutnya. Semua kejadian yang terjadi harus selalu menjadi gambaran untuk memulai kembali musim baru yang akan datang. Semua klub yang telah bertahan maupun sudah turun kasta, sebenarnya harus mulai meinstropeksi diri hal-hal apa saja yang bisa membuat klub tersebut menjadi kurang dalam setiap pertandingan maupun mempertahankan hasil yang sudah baik di musim sebelumnya.

Liga Indonesia yang tahun lalui menjadi milik Persija Jakarta, dengan segala kerja keras dan kerjasama tim tidak lah tidak mungkin untuk membawa gelar liga Indonesia. Persija Jakarta dan tim lainnya pun mungkin saja bisa merebut kemenangan ddi setiap pertandingan, akan tetapi banyak sekali faktor yang bisa membuat performa klub menjadi turun atau pun sebaliknya. Ketika performa klub menurun, klub di liga Indonesia seharusnya berfikir apa yang menjadi penyebab hal itu bisa terjadi, atau pun ketika suatu klub di liga Indonesia yang sudah mempunyai hasil yang baik, hal yang harus dibpertahankan adalah hal yang jangan pernah untuk di rubah bahkan harusnya lebih di tingkatkan.

Liga Indonesia dengan segala hal di dalamnya merupakan salah satu ciri khas, ciri khas yang baik harusnya lebih di tingkatkan dan yang buruk harusnya di perbaiki. Dari para suporter yabg setia dalam mendukung tim kebanggaannya, yang merupakan salah satu penunjang keberhasilan klub mengarungi liga Indonesia, tanpa adanya suporter sepertinya semuanya akan menjadi sia-sia saja. Klub dengan suporter yang baik merupakan salah satu contoh dan salah satu unsur dimana akan terjadinya pesepakbolaan Indonesia yabg lebih maju untuk kedepannya.

Baik suporter dan klub merupakan salah satu rantai kunci keberhasilan klub yang menjuarai liga Indonesia, seperti yang di ketahui suporter Indoneaia merupakan suporter dengan tingkat dukungan yang totalitas. Tapi perlu di garis bawahi juga totalitas seperti apa yang harusnya di berikan seorang suporter kepada klub kesayangan. Dukungan suporter tidak harus melulu menonton langsung ke stadion, tetapi salah satunya ketika kamu membeli tiket secara resmi kepada loket penjualan tiket pun itu sudah mendukung klub dari segi finsial, di balik semua hal juga yang membantu perihal kepada klub.

Liga Indonesia memang bisa di katakan masih jauh dari kata maju, tapi setidaknya dengan hal-hal yang dilakukan setiap klub dan suporter yang positif merupakan salah satu langkah untuk liga indonesia yang lebih maju, meakipun hal tersebut juga harus di dukung dengan para petinggi di persepakbolaan Indonesia. Para petinggi sepakbola Indonesia juga merupakan hal yang harus di perhatikan, karena semua yang di lakukan oleh suporter dan klub sepakbola Indonesia akan sia-sia ketika para petinggi sepakbola Indonesia tidak mendukung apa yang di lakukan untuk seharusnya.

Liga Indonesia tahun kemarin merupakan salah satu perjalanan yang harus di bilang merupakan liga yang harusnya menjadi moment untuk semua kalangan yang turut andil di dalamnya. Seperti yang di ketahui tahun ini adalah tahun di mana hal buruk di Liga Indonesia mulai terbongkar. Hal buruk yang telah berjalan dari tahun ke tahun perlahan semuanya mulai terbongkar, orang-orang yang dibilang bermain kotor hanya untuk kepentingan satu golongan saja harusnya tidak boleh ada di sepakbola yang notabene suporter dan masyarakatnya menginginkan sepakbola Indonesia yang bersih dari segala hal yang berbau kecurangan.

Kerugian yang di timbulkan bukan lagi tentang materi dan finansial, akan tetapi yang paling parah adalah ketika hati suporter dan masyarakat di bilang di permainkan oleh segololongan orang yang tidak bertanggung jawab. Hal tesebut membuat dukungan dan pengorbanan hanya sia-sia, karena apa yang telah terjadi sudah di luar jalannya sepakbola. Hal ini lah yang seharusnya di mulai oleh semua kalangan yang berbaur di liga Indonesia, ketika memang menginginkan sepakbola Indonesia yang lebih maju.

Liga Indonesia harus mulai bercermin dari tahun yang lalu, ketika sepakbola bisa di kendalikan oleh segelintir orang saja akan membuat semuanya tidak ada gunanya. Pemain, klub dan pendukung harus berani melawan hal-hal yang bisa merugikan tim apalagi merugikan Liga Indonesia. Semuanya akan bisa di capai ketika semuanya bahu membahu untuk memajukan sepakbola Indonesia ke arah yang lebih cerah.

7 Comments on “Sepakbola liga Indonesia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *