Peran Penjaga Gawang bukan hanya Sebatas Menghalau Tendangan Striker Lawan

Sikulitbundar- Penjaga gawang yang kita sering di sebut sebagai Kiper merupakan salah satu posisi yang sangat vital bagi tim sepak bola. Penjaga gawang merupakan posisi di mana seseorang pemain akan berharap di gagalkan nya tendangan striker lawan, melalui tepisan atau tangkapan .

Tapi dalam hal ini penjaga gawang bukan hanya lagi sebagai penyelamat gawang saja, akan tetapi sepak bola yang lebih modern ini, banyak penjaga gawang yang bisa saja merupakan pemain kunci untuk mengatur segala apa yang terjadi di barisan pertahanan terutama.

Dalam sepak bola yang kian modern ini penjaga gawang bisa saja terlibat dalam sekema penyerangan atau salah satu jalan untuk mencari peluang di mana striker akan lebih banyak berpeluang mencetak gol.

Itu bisa kita lihat di klub Manchester City, ketika seorang kiper terlibat dalam satu strategi permainan. Edison Moraes lah penjaga gawang yang melakukan peran tersebut.

Baca juga :

Kerjasama Klub Sepakbola

Pelatih Manchester City saat itu yang menerapkan strategi itu adalah Pep Guardiola yang melibatkan kiper dalam permainan di lini belakang. Yang di mainkan Pep Guardiola bukan lah back pass yang dilakukan pemain belakang kepada seorang kiper, melainkan kiper berada jauh di daerah penjaga gawang.

Dalam strategi ini seorang penjaga gawang melakukan peran memancing para lini tengah lawan untuk lebih maju di area lini tengah nya, saat itu kiper melakukan long pass atau melakukan operan yang dimana para pemain lawan sudah terpancing maju ke depan, saat itu lah kesempatan para striker untuk melakukan rangkaian serangan ke daerah klub lawan.

Meskipun dalam strategi ini, hal yang paling fatal ialah bola terpotong atau terkuasai oleh lawan yang langsung bisa di lakukan tendangan kegawang dan yang lebih parah nya terjadi nya gol. Itu terjadi ketika Manchester City melawan Liverpool dimana Edison Moraes gagal melakukan passing, dan saat itu Moh. Salah berhasil merebut bola, dan langsung melakukan shooting ke arah gawang, terjadi lah gol.

Dalam melakukan strategi ini biasanya seorang kiper akan dibutuhkan yang benar-benar baik dalam menguasai bola, entah operan atau long pass yang sangat baik.

 

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Pertandingan Manis Solsjkaer bersama Manchester United - Sikulitbundar
  2. Harapan dan Kerjasama - Sikulitbundar harapan dan kerjasama
  3. Cesc Fabregas Bersama Masa Lalu - Sikulitbundar

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*