Asian Games Jakarta 1962

Sikulitbundar – Seperti yang di ketahui sebelumnya Asian Games adala event terbesar yang pernah di selenggarakan di setiap tahunnya. Adu kekuatan atlit yang bertanding di dalamnya merupakan salah satu bentuk apresiasi negara terhadap para atlitnya, dimana negara yang tergabung dalam satu kawasan atau benua Asia bisa mengikuti event terbesar di Asia tersebut.

Asian Games sendiri pertama kali di selenggarakan di Indonesia pada tahun 1962, yang saat itu negara Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Asian Games tersebut. Pada saat itu pula, presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno mulai membangun tempat-tempat pertandingan salah satu yang terbesar nya adalah Stadion Gelora Bung Karno, yang saat itu namanya masih menggunakan nama Stadion Utama Senayan.

Pembangunan yang di bantu oleh pihak Uni Soviet saat itu yang merupakan kolega dari negara Indonesia saat itu, yang memang presiden Soekarno memang sangat akrab dengan pihak Uni Soviet. Dengan mudah Ir. Soekarno meminta pertolongan pembiayaan untuk membuat stadion Gelora Bung Karno.

Baca Juga : 

Sepakbola liga Indonesia

Asian Games tersebut sebenarnya saat itu tidak mendapatkan persetujuan dari Moh. Hatta yang di nilai oleh nya Indonesia belum mampu menggelar event yang sangat bergengsi itu, akan tetapi Ir. Soekarno tetap kukuh dengan pendiriannya untuk menggelar acara olah raga tersebut. Dengan bantuan dari Uni Soviet Indonesia dengan mudah membangun sarana prasarana yang akan di gunakan di event tersebut.

Dalam Asian Games tersebut Indonesia harus berada di peringkat ke dua setelah Jepang yang mengemas 161 medali dengan emas 73, perak 65 dan perunggu 23, sedangkan Indonesia berada di peringkat ke dua dengan perolehan medali 77, emas 21, perak 26 dan perunggu 30.

Target yang sebenarnya berharap pada cabang olah raga sepak bola harus sirna setelah pera pemain Indonesia terlibat suap yang di lakukan oleh 10 pemain, dengan keterlibatan pemain yang terjadi Indonesia harus gagal sampai fase grup saja. Dan cabang olah raga bulu tangkis lah yang menjadi mesin medali Indonesia di ajang Asian Games tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*