7 Stadion Termegah dan Terbesar di Liga Indonesia

Sikulitbundar – Seperti yang di ketahui kita semua stadion merupakan tempat terselenggaranya suatu pertandingan sepak bola, yang dimana juga merupakan tempat yang paling banyak di minati oleh seluruh pendukung sepak bola baik Indonesia maupun dunia.

Berikut adalah 7 stadion termegah dan terbesar di liga Indonesia.

1. Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK)

Stadion Gelora Bung Karno merupakan stadion kebanggaan masyarakat di Indonesia yang dengan kemegahan dan besarnya kapasitas stadion tersebut, dengan kapasitas 77.193 setelah renovasinya selesai. Dibangun dengan dana hampir 769.69 milliar, Gelora Bung Karno menjadi stadion paling megah dan terbesar di Indonesia.

Di buka pertama kali pada tahun 1962 oleh Presiden pertama Indonesia yaitu, Ir. Soekarno dalam ajang Asian Games. Dalam perjalananya, Gelora Bung Karno telah melewati serangkaian perbaikan dari tahun ketahun, dan juga dalam pembangunannya, Gelora Bung Karno mengurangi kapasitas bangku penonton dari mulai, 110.000 pada tahun 1962-2007, kemudian 88.083 pada taun 2007-2016 dan 77.193 bangku penonton sampai pada tahun sekarang.

2. Stadion Batakan

Stadion yang berada di kota Balikpapan merupakan home base dari kesebelasan Persiba Balikpapan yang sebelumnya berkompetisi di Liga Indonesia sebelum terdegradasi ke kasta bawah liga 2 pada tahun ini, setelah berada di posisi ketiga terbawah klasemen akhir.

Stadion yang merupakan kebanggaan warga Balikpapan ini merupakan stadion terbesar di Indonesia tanpa sirkuit Atletik di Indonesia, yang di bangun pada tanggal 10 Juni 2010 dengan kapasitas penonton 36.000 penonton. Tidak adanya lintasan Atletik di pembangunannya, stadion Batakan di setarakan sama seperti stadion yang berada di daratan Eropa. Seperti yang diketahui stadion sepak bola tanpa lintasan Atletik merupakan stadion impian para suporter di Indonesia.

3. Stadion Gelora Bung Tomo

Stadion terbesar di kota Surabaya dan merupakan stadion kebanggan dari para suporter Persebaya Surabaya. Berada di kompleks olahraga Surabaya Sport Center dapat menampung 55.000 ribu penonton. Stadion Gelora Bung Tomo di buka pertama kali pada tanggal 6 Agustus 2010.

Dengan kapasitas maksimum 60.000, stadion Bung Tomo memang tak pernah sepi dari penonton, bahkan selalu di penuhi oleh para pendukung Persebaya Surabaya yang selalu datang ke stadion di saat Persebaya Surabaya bertanding.

BACA JUGA :

Sepak bola Liga Indonesia

4. Stadion Utama Riau

Stadion Utama Riau merupakan stadion terbesar ke empat di Indonesia, meskipun jarang sekali pertandingan nasional di adakan di stadion yang berlokasi di kota Riau itu. Di bangun dengan menghabiskan dana sebesar 1,18 trilliun untuk memenuhi acara PON yang di laksanakan di Riau pada tahun 2012. Stadion Utama Riau ini mampu menampung 44.000 penonton.

5. Stadion Jakabaring

Stadion home base kesebelasan Sriwijaya ini merupakan stadion terbesar di Palembang yang mampu menampung 38.000 penonton dengan 4 tribun. Stadion Jakabaring juga telah mengantongi lisensi stadion standar A AFC di Indonesia.

Di bangun pada tahun 1998 kemudian di buat pada tahun 2001 ini, lalu secara resmi di buka pada tahun 2004. Stadion Jakabaring juga telah melakukan renovasi untuk memperbesar kapasitas bangku penonton sampai 45.000 bangku penonton.

6. Stadion Gelora Bandung Lautan Api

Stadion yang musim lalu menjadi kandang dari Persib Bandung ini merupakan stadion kebanggaan para pendukung Persib Bandung. Stadion yang berada di daerah Rancanumpang Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat.

Di bangun dengan kapasitas 38.000 bangku penonton pada tahun 2009 dan telah melakukan renovasi pada tahun 2016 ketika akan di pakai agenda PON Jabar.

7. Stadion Wibawa Mukti

Stadion yang berada di daerah Cikarang Bekasi ini merupakan stadion kebanggaan warga Cikarang Bekasi setelah Stadion Patriot. Stadion yang di bilang mampu menampung 30.000 orang ini di rencanakan akan menjadi home base dari kesebelasan Persikasi Kabupaten Bekasi di masa yang akan datang.

Stadion yang di bangun Porda ini merupakan stadion yang saat itu akan di gunakan untuk serangkaian acara di even PON Jabar 2016 tahun yang lalu.

BACA JUGA : 

Perjalanan piala Indonesia

Asian Games Indonesia 1962

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*